Sunday, October 13, 2013

Macaroni Schotel

Hi foodlovers lama tak berjumpa, bertemu lagi bersama saya di postingan terbaru dan yang akan saya share kali ini adalah resep Macaroni Schotel, cara membuatnya gampang-gampang susah tapi yang jelas hasilnya akan memuaskan perut anda dan keluarga atau mungkin sahabat dan orang terdekat anda. Daripada kita berlama-lama langsung aja kita intip yuk apa aja bahan-bahannya dan cara membuatnya.






Ingedients:

Macaroni
- 200 gr Macaroni
- Air untuk merebus Macaroni
- 1 sdt Garam
- 2 sdm Minyak Goreng / All Purpose Oil

Bahan Pelengkap
- 4 pcs Smoked Beef (Sliced)
- 1/2 can Corned Beef (Optional)
- 200 gr Cheddar Cheese (Grated 100 isian, 100 taburan)
- 60 gr Unsalted Butter/ Margarine
- 60 gr Tepung Terigu
- 1/2 pcs Onion (Finely Chopped)
- 3 pcs Telur (Beaten)
- 500-600 ml Fresh Milk
- 2 sdt Garam
- 2 sdt Merica


Cara Membuat / Cooking Method
- Pertama-tama rebus air hingga mendidih, tambahkan garam & minyak agar macaroni tidak lengket dan tidak terasa hambar. Masukkan macaroni, masak hingga aldente, lama memasak tergantung standar dari tiap merk yang terdapat pada kemasan.
- Selagi menunggu macaroni matang, siapkan seluruh bahan. (Panduan ada di bagian bahan pelengkap)
- Panaskan panci, lelehkan butter/margarine lalu masukkan onion dan tumis hingga layu, masukkan terigu dan aduk hingga membentuk gumpalan (seperti membuat roux), setelah semua tercampur masukkan smoked beef, corned beef dan susu, aduk hingga tercampur rata dan masukkan macaroni yang sudah matang kemudian taburi keju dan aduk rata, tunggu hingga tidak terlalu panas.
- Masukkan telur yang sudah dikocok kemudian aduk rata, tujuan memasukkan telur saat macaroni sudah tidak panas agar tidak menjadi scrambled egg, kemudian beri garam dan merica untuk seasoning, aduk rata hingga semua tercampur.
- Tuang macaroni kedalam caserole pan atau pinggan tahan panas, atau mangkuk alumunium yang berukuran kecil dan taruh di baking tray atau loyang yang sudah diberi sedikit air, masukkan kedalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 170 - 180'C dan panggang selama 20 menit dengan api bawah.
- Setelah dipanggang selama 20 menit dengan api bawah kemudian keluarkan dan taburi dengan keju, lalu panggang kembali selama 20 menit dengan api atas agar matang secara merata.
- Setelah matang keluarkan dari oven dan potong-potong atau langsung sajikan di piring bila dipanggang menggunakan cetakan alumunium kecil, santap selagi hangat dengan saus sambal.



Mudah bukan membuatnya ? buat kalian yang penasaran dan tertarik buat mencobanya silahkan kalian buat sendiri dan kalian bisa buat versi kalian sendiri lho, dan jangan lupa mention ke twitter saya @alifio_sw atau tag saya di Instagram ke @alifio_sw juga. 

Sekian dari saya, dan selamat mencoba. - The Liviosta Signature