alifioswardhana's Instagram

Thursday, October 3, 2013

How To Make "Crispy & Savoury Potato Chips with Variative Flavour"

Hi food lovers, jumpa lagi dengan saya di rubrik Tips & Trick, pada kesempatan kali ini saya akan memberi info sedikit kepada kalian tentang bagaimana cara untuk membuat Keripik Kentang atau Potato Chips yang Renyah, Gurih dan memiliki beragam rasa, dan tentunya mudah untuk dibuat. Kadang beberapa dari keluarga atau teman dekat saya suka mengeluhkan potato chips yang mereka buat tidak renyah, masih basah, tidak ada rasanya atau bahkan terlalu gosong, tentunya ada banyak faktor dan alasan mengapa bisa terjadi seperti itu, bisa dari cara pengolahan yang salah, api yang terlalu besar, dan ketebalan dari kentang tsb. Nah maka dari itu saya akan kasih tau caranya kepada kalian gimana sih supaya potato chips yang kita buat gak kalah enak dari potato chips kemasan yang dijual di pasaran, selain tentunya lebih hemat dan tidak menggunakan bahan pengawet, kalian juga bisa sedikit pamer nih sama kerabat, anggota keluarga atau kalau ada acara keluarga besar kalau kamu juga bisa buat potato chips yang enak. Yuk langsung aja intip bahan dan metode pembuatannya.





Ingredients
- Kentang (Sesuka hati kalian mau berapa)
- Air (Sebisa mungkin sambai kentangnya terendam)
- Garam (Semakin banyak kentang dan air sebanyak banyak garam, perbandingan 1 kentang : 1 sdm Garam)
- Lada (Perbandingannya setengah dari garam)
- Minyak untuk menggoreng
- Bumbu dengan aneka rasa (Biasanya untuk kentang goreng)


Cara Membuat dan Yang Harus di Perhatikan




- Cuci Bersih Kentang yang akan diolah : Sebisa mungkin untuk kulit kentang harus kita cuci sebersih mungkin, karena kita tidak akan mengupas kulitnya dan akan menggorengnya bersama dengan kentang, selain itu kulit kentang juga berfungsi untuk memberi efek garing dipinggiran potato chips kita nanti.



- Potong Kentang setipis mungkin : Setelah kentang dicuci bersih kemudian akan kita slice menggunakan mandolin, atau papan yang terdapat pisau untuk menyerut atau mengiris bahan-bahan makanan seperti kentang, singkong, ubi, wortel, kol dsb. Sangatlah penting untuk mengiris kentang setipis mungkin, karena bila kentang terlalu tebal akan mengakibatkan tekstur dalam kentang masih basah atau empuk seperti french fries, atau bisa juga mengakibatkan kentang gosong karena kita menginginkan tekstur kentang yang renyah sehingga harus menggoreng lebih lama lagi. Bila dirumah tidak mempunyai mandolin atau food slicer, kita bisa mengiris tipis2 kentang dengan menggunakan pisau atau peeler untuk mengupas kulit sayuran, kentang, ubi, singkong dll, namun perlu diingat bahwa sangat dibutuhkan keahlian memotong dengan menggunakan pisau karena kita menginginkan irisan yang tipis, jadi sebisa mungkin kita harus mengirisnya setipis mungkin, dan bila menggunakan peeler memang irisan menjadi tipis, tapi ukurannya menjadi lebih kecil dan agak memanjang, jadi kita harus menggorengnya sebentar saja untuk menghindari kegosongan.



- Rendam Kentang sebelum menggoreng : Setelah kentang dislice menggunakan mandolin, lalu kita siapkan rendaman untuk kentang yang terdiri dari air, garam dan lada, lada yang saya gunakan disini adalah lada hitam, karena saya lebih menyukai rasa dan aroma yang dihasilkan dari lada hitam. FYI Kentang merupakan komponen dalam memasak yang memiliki peran sbg penyerap rasa asin yang baik, itulah mengapa setiap ibu kita dirumah membuat sup selalu menambahkan kentang didalamnya, hal itu bertujuan untuk menyeimbangkan rasa asin didalam sup, jadi jangan ragu untuk menambahkan garam didalam air rendaman tsb agar rasa dari potato chips kita menjadi lebih gurih dan terasa. Saya menyarankan untuk merendam kentang minimal selama 1 jam untuk mendapatkan rasa kentang yang gurih dan renyah, selain itu juga kita harus menunggu kentang tsb untuk menyerap rasa asin dari garam tsb.





- Mengeringkan kentang sebelum menggoreng adalah hal yang sangat penting : Setelah kita merendamnya paling tidak selama 1 jam, berarti kita sudah siap untuk menggorengnya, tapi tunggu dulu, sebelum kita menggorengnya sangatlah penting untuk mengeringkan kentang terlebih dahulu sebelum memasukkannya kedalam minyak yang panas, step ini adalah step yang sangat berpengaruh kepada hasil akhir kentang kita. Hal yang harus kita persiapkan adalah Kitchen Napkin atau Lap Bersih, kita buka lipatan awal dari lap tsb, kemudian gunakan setengah dari lipatan tsb untuk menaruh kentang kita diatasnya dan susun satu persatu, kemudian tarik lipatan yang tidak terpakai dan tutup bagian atas atau permukaan kentang dan kita tekan-tekan perlahan untuk menyerap air yang ada dibagian atas sehingga kadar air kentang berkurang. lakukan seperti itu hingga kentang tidak tersisa. Oya dan selagi mengeringkan kentang kita bisa memanaskan minyak terlebih dahulu supaya kentang yang sudah dikeringkan bisa langsung digoreng.



- Masukkan Kentang sedikit demi sedikit : Perlu diingat bahwa minyak harus benar-benar dalam keadaan panas, karena bila minyak belum panas akan membuat permukaan kentang sedikit keriput dan jangan terlalu banyak memasukkan kentang, selain itu kentang yang masih basah juga bisa menyebabkan accident di dapur yang mengakibatkan percikan-percikan minyak yang lumayan besar dan akan membuat kentang basah atau tidak bisa garing saat digoreng, masukkanlah satu persatu hingga kentang memenuhi permukaan atas minyak, goreng hingga berwarna sedikit kecoklatan. Gunakan teknik menggoreng seperti kita menggoreng kerupuk, kita bisa menyiram-nyiram kentang dengan minyak dan membalikkannya terus menurus secara perlahan hingga seluruh kentang matang, hal ini bertujuan agar kentang benar-benar matang dan berwarna kecoklatan secara merata. Setelah matang angkat lalu tiriskan.





- Bumbui sesuka hati dengan rasa favoritmu : Nah ini bagian yang paling saya suka, kalian bisa menambahkan bumbu dengan rasa apa saja, setahu saya untuk bumbu dengan produk diatas memiliki varian rasa keju, balado, barbeque dll, tapi karena yang saya punya tinggal rasa barbeque maka saya pakai yang itu saja, bagi kalian yang gak suka asin bisa gak pake bumbu perasa, hanya tinggal menambahkan sedikit garam dan lada karena rasa potato chipsnya tidak terlalu asin atau mungkin tidak menambahkannya karena rasanya sendiri juga sudah enak, bagi rasa original saya punya saran untuk memakai saus mayonnaise/ Thousand Islands, dan cara membuatnya juga gak ribet kok, nanti insya allah akan saya bahas di postingan selanjutnya. Selain itu bagi kalian yang suka nori, kalian bisa menambahkan Nori Flakes, cukup membeli Nori kemasan di minimarket atau supermarket terdekat, kemudian di cincang halus dan kita sprinkle diatasnya lalu kita aduk rata, dan sesimple itu.


Mudah bukan membuatnya ? buat kalian yang penasaran dan tertarik buat mencobanya silahkan kalian buat sendiri dan kalian kreasikan rasanya sesuka hati kalian, dan jangan lupa mention ke twitter saya @alifio_sw atau tag saya di Instagram ke @alifio_sw juga. 

Sekian dari saya, dan selamat mencoba. - The Liviosta Signature