Tuesday, October 1, 2013

Spicy Calamari with Oriental Sauce

Hi foodlovers, kali ini saya akan ngasih kalian resep yang beda dari biasanya, pastinya bosen dong kalo resepnya soal pasta-pasta melulu, nah makanya saya buat resep spesial kali ini, dan saya bikin sendiri resepnya, sebenernya rasanya agak2 mirip sama Chicken Teriyaki tapi yang jelas beda banget karena ada sentuhan Chinese dan Indonesianya, yuk kita intip aja apa aja sih bahan-bahannya dan gimana cara membuatnya.







Ingredients

Calamari
- 100 gr All Purpose Flour
- 1 sdt Merica
- 1 1/2 sdt Garam
- 1 sdt Chilli Flakes (Bisa diganti Red Pepper Flakes)
- 200 gr Sotong (Iris tipis)
- Minyak untuk menggoreng

Oriental Sauce
- 1 sdm Oyster Sauce
- 1 sdm Teriyaki Sauce
- 1 sdm Fish Sauce
- 1 sdm Soy Sauce
- 1 sdm Minyak Wijen
- 1 sdt Black Pepper
- A pinch of Sesame Seeds
- 200 ml Air
- 3 sdm Minyak Goreng / Olive Oil
- 1/2 pcs Red Chilli (Iris Tipis)
- 1/2 pcs Green Chilli (Iris Tipis)
- 1/2 pcs Onion (Iris Tipis)
- 2 pcs Garlic (Cincang Halus)
- 3 pcs Shallot ( Iris Tipis)
- 1 ruas jari Batang Daun Serai (Iris Tipis)
- 1 pcs Jahe dipotong ukuran Dadu (Cincang Halus)


Cara Membuat / Cooking Method
- Pertama-tama kita buat Calamari, iris tipis sotong, lalu buat campuran tepungnya didalam mangkok besar dengan mencampurkan terigu, garam, merica, dan bubuk cabai lalu aduk rata dan masukkan sotong dan lumuri secara merata, kemudian diamkan sebentar sambil menunggu minyak goreng dalam wajan panas.
- Sambil menunggu minyak panas, siapkan bahan untuk membuat Oriental Sauce, campurkan oyster sauce, teriyaki sauce, fish sauce, kecap asin, minyak wijen, black pepper dan dan biji wijen, aduk rata. lalu potong2 cabai, bawang, daun serai, dan jahe.
- Setelah minyak panas goreng Calamari dan biarkan hingga berwarna Golden Brown. Sambil menunggu Calamari matang kita akan membuat saucenya, caranya masukkan minyak untuk menumis, masukkan bawang-bawangan kedalam wajan dan tumis hingga harum, masukkan serai, jahe, dan cabai, tumis lagi sebentar, masukkan campuran sauce tadi dan tambahkan air.
- Aduk seluruh bahan secara merata, aduk hingga air berkurang, dan ingat untuk menggunakan api kecil agar tidak gosong, cicipi sedikit dan bila dirasa kurang asin bisa ditambah sedikit saja garam, namun menurut saya rasa asinnya sudah pas. setelah sauce mengental matikan kompor dan bila calamari sudah matang angkat dan tiriskan.
- Ada 2 cara dalam menghidangkannya, yang pertama yaitu dengan mencampur calamari dengan sauce saat sedang dimasak, dan yang kedua dengan menyiram sauce diatas calamari setelah ditaruh diatas piring.


Mudah bukan membuatnya ? buat kalian yang penasaran dan tertarik buat mencobanya silahkan kalian buat sendiri dan kalian bisa buat versi kalian sendiri lho, dan jangan lupa mention ke twitter saya @alifio_sw atau tag saya di Instagram ke @alifio_sw juga. 
Sekian dari saya, dan selamat mencoba. - The Liviosta Signature