Sunday, September 29, 2013

A Very Simple "Chicken Fried Noodle"

Hi foodlovers, kembali lagi bersama saya dengan resep yang baru, kali ini saya mau ngasih resep yang super simpel dan gampang banget dibuat, yaitu Mie Goreng Ayam, sebenernya bisa aja pake Seafood seperti Udang atau Cumi tapi berhubung adanya Ayam dan kasihannya lagi ayam sisa kemarin yang gak habis jadi mending dimanfaatin buat bahan pelengkap Mie Goreng ini. Sebenernya resep Mie Goreng ini cenderung ke Hokkien Style atau Chinese Recipes, karena Garlic dan Soy Sauce jadi bahan yang paling dominan dalam pembuatannya, oke kalo begitu daripada berlama-lama mending langsung kita intip aja yuk apa aja sih bahan-bahan dan cara membuatnya.





Ingredients

- 200 gr Mie Telor / Mie Instant
- 100 ml Air
- Air untuk rebusan mie
- 1 sdt Garam
- 1/2 sdt Merica
- 1 sdm Oyster Sc
- 1 sdm Kecap Asin (Soy Sauce)
- 1/2 sdm Fish Sc
- 1/2 sdm Kecap Manis
- 1 pcs Telur Ayam
- 1 pcs Cabai Merah
- 2 pcs Bawang Merah
- 2 pcs Bawang Putih
- 1 pcs Daun Bawang
- 50-100 gr Ayam (Tergantung Selera) / Bisa diganti dengan Seafood


Cara Membuat / Cooking Method
- Rebus Air hingga mendidih, masukkan Mie kedalam Air mendidih, masak hingga 3/4 matang karena akan kita masak lagi di proses selanjutnya. Setelah matang angkat dan tiriskan, siram dengan air dingin atau mengalir untuk menghentikan proses pemasakan.
- Karena Ayam yang saya pakai sudah matang jadi bisa dimasukkan saat proses pembuatan saus, namun bila Ayam atau Seafoodnya masih mentah sebaiknya dimasak terlebih dahulu dengan sedikit minyak, setelah matang angkat dan taruh di wadah bersih.
- Kocok Telur hingga merata lalu goreng dan buatlah telur orak arik, setelah matang taruh di wadah bersama ayam tadi.
- Cincang halus Bawang Merah & Bawang Putih, iris tipis Cabai dan Daun Bawang, lalu tumis Bawang hingga harum, masukkan cabai dan tumis sebentar, masukkan Oyster sc, Kecap Asin, Fish Sauce dan Kecap Manis, beri Air (100ml) lalu aduk rata, kemudian masukkan Daun Bawang, Telur, dan Ayam, setelah itu masukkan Mie, aduk hingga merata, beri sedikit Garam dan Merica untuk perasa, aduk lagi hingga semuanya tercampur, cicipi sedikit, bila rasanya sudah pas matikan kompor dan sajikan mie di piring. Dan Mie Goreng Ayam siap dinikmati.


Mudah bukan membuatnya ? buat kalian yang penasaran dan tertarik buat mencobanya silahkan kalian buat sendiri dan kalian bisa buat versi kalian sendiri lho, dan jangan lupa mention ke twitter saya @alifio_sw atau tag saya di Instagram ke @alifio_sw juga. 


Sekian dari saya, dan selamat mencoba. - The Liviosta Signature