alifioswardhana's Instagram

Saturday, September 28, 2013

How To Make Roux / Thickening Agent

Hi food lovers, di postingan saya kali ini, saya akan update tentang tips & trick bagaimana caranya untuk membuat roux / thickening agent, karena di postingan saya sebelumnya di resep saya itu saya mencantumkan roux, pasti beberapa dari kalian bertanya-tanya, apa sih sebenernya roux itu ? nah sebelum saya ngasih tips ke kalian, saya akan membahas terlebih dahulu apa sih sebenernya roux itu. so let's get this started.

Roux itu sendiri sebenernya berasal dari bahasa Perancis yang berarti campuran antara tepung terigu dan fat atau lemak yang berupa gumpalan2 seperti adonan untuk kue kering. Roux juga termasuk kedalam salah satu komponen klasik atau basic dalam teknik memasak ala perancis atau French Cooking Technique, karena menjadi salah satu bahan yang penting dalam pembuatan sauce ataupun soup karena berperan sebagai thickening agent atau bahan pengental. Jenis2 roux juga macem2, ada White Roux, Brown Roux dan Golden Roux, sebenernya saya sendiri gak tahu persis seperti apa perbedaan dari masing2 roux tersebut, yang jelas fungsinya itu sama2 dipergunakan untuk mengentalkan masakan.

Nah daripada berlama2 ngebahas si roux ini, lebih baik kita lanjut ke cara pembuatannya aja deh.




Komponen utama dalam pembuatan roux itu sendiri sebenernya simple banget, cuma dibutuhkan tepung terigu dan fat, fat ini bisa dalam bentuk macem2, bisa pake minyak goreng, margarin atau mentega (butter), butter juga ada yang unsalted dan yg salted butter, kalo saya sendiri lebih prefer pake butter, kenapa ? karena butter memiliki kualitas paling baik karena berbahan dasar dari lemak hewani dan susu sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas dan baik selain itu juga resep asli dari perancis juga menggunakan butter sebagai bahan utamanya, maka dari itu jika kita menggunakan butter maka hasilnya pun akan lebih enak, tapi kalo menurut kalian butter itu terlalu mahal bisa juga diganti dengan margarin ataupun minyak goreng atau olive oil.

Caranya adalah panaskan wajan, lalu lelehkan butter (bisa juga diganti), setelah meleleh masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk secara perlahan hingga membentuk gumpalan, bila belum menyatu bisa kita tambahkan butter atau jika masih terlihat encer bisa ditambahkan tepungnya, pokoknya bisa di adjust sesuka hati kita, kalo udah membentuk gumpalan, rouxnya bisa kita angkat dan taruh di wadah, aturannya gampang aja kalo bahan yang mau kita kentalkan panas maka kita harus mendinginkan roux terlebih dahulu tapi kalo bahannya dingin kita harus memasukkan roux dalam keadaan panas. oya roux ini juga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama tapi bukan berarti bisa berbulan-bulan, sebaiknya paling lama disimpan didalam lemari es maksimal 1 minggu agar menjaga kualitas dari roux tsb, dan 1 tips lagi, kalo mau mengentalkan masakan jangan masukkan roux sekaligus atau terlalu banyak, karena sedikit roux saja bisa mengentalkan dalam jumlah yang lumayan banyak, maka dari itu bila masakan yang akan kita kentalkan dalam jumlah banyak, disarankan untuk memasukkannya sedikit demi sedikit hingga mendapat konsistensi kekentalan yang diinginkan.

Sekian dari saya, dan selamat mencoba. - The Liviosta Signature